Memahami Hewan Invertebrata Dan Ciri-cirinya

Anda yang sudah pernah berkecimpung dalam dunia pelajaran biologi sudah tentu mengetahui apa yang dimaksud dengan invertebrata bukan? Tentu anda juga sudah banyak belajar mengenai hewan dengan jenis ini. Nah lantas tahukah anda apa yang dimaksud dengan hewan invertebrata? Di sini kita akan belajar bersama mengenai hewan jenis ini dan juga mengenai ciri-ciri umumnya yang bisa kita pelajari. Nah hewan invertebrata artinya hewan ini tidak memiliki tulang punggung. Kita pasti menemukan hewan dengan jenis ini bukan? Di dunia ini ada banyak sekali tersebar hewan jenis ini. Bahkan di seluruh penjuru dunia ini. nah untuk memahami lebih lanjut maka sudah sepatutnya kita juga belajar mengenai ciri khas dari jenis hewan yang satu ini.

Ciri-ciri Invertebrata Yang Perlu Dipahami

Hewan invertebrata sudah tentu memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan jenis hewan yang lainnya. Nah lantas tahukah anda dimana letak perbedaannya? Untuk mengetahui lebih lanjut maka anda perlu memahami beberapa ciri khasnya berikut ini :

  1. Setiap hewan yang termasuk dalam kategori ini pasti tidak memiliki tulang punggung atau tidak memiliki tulang belakang.
  2. Tidak ada tulang endoskeleton keras dalam tubuh hewan golongan yang satu ini.
  3. Tidak ada dinding sel dalam tubuh hewan jenis ini. hewan ini juga banyak disebut sebagai organisme multiselular.
  4. Hewan dalam golongan ini tidak bebas dalam hal hidup pada lingkungan tertentu. Hal ini tak lain dan tak bukan adalah karena hewan jenis ini tidak memiliki tulang punggung.
  5. Hewan dalam golongan ini dikenal memiliki pergerakan yang lamban dan ukuran tubuhnya pun relatif lebih kecil. Hal ini karena hewan ini tercipta dengan sistem tulang yang tidak kompleks.
  6. Ada banyak jenis habitat yang bisa ditinggali oleh organisme atau hewan dalam golongan ini yang ada di seluruh penjuru dunia ini.
  7. Bagian tubuh yang dimiliki oleh organisme atau hewan dalam golongan ini hanyalah bagian kepala, dada, dan juga perut.
  8. Tidak ada proses respirasi dalam tubuh mereka yang dilakukan oleh paru-paru. Hal ini karena memang mereka tidak memiliki bagian paru-paru dalam tubuhnya. Adapun proses respirasi pada mereka dilakukan melalui kulit
  9. Hewan atau organisme dalam jenis ini bukan merupakan hewan yang produktif alias tidak bisa membuat makanannya sendiri. Hal ini biasa disebut dengan heterotrof. (lihat juga: website yang fokus pada binatang reptile)
  10. Cara reproduksi yang dilakukan oleh mereka dominan dengan cara setsual.
  11. Hewan atau organisme jenis ini mayoritas mempunyai suatu jaringan yang tersusun dari organisasi sel. Hewan dalam golongan ini mayoritas akan diatur oleh organisasi tubuh yang simetris.
  12. Ada beberapa hewan atau organisme dari golongan ini yang mempunyai eksoskeleton keras yang terbuat dari kitin.

Nah semua ciri khas yang terdapat dalam golongan hewan invertebrata tersebut tentu saja tidak dimiliki oleh jenis hewan non-invertebrata atau nama kebalikannya yakni vertebrata. Ada banyak sekali jenis serangga yang ada di sekitar kita ternyata termasuk dalam kategori organisme golongan ini. tentu saja akan sangat mudah bagi anda menemukan contoh hewan atau organisme yang merupakan golongan invertebrata ini. ada yang terbang, merayap, dan hewan dengan cara hidup lainnya. Nah kini anda sudah semakin paham bukan dengan jenis golongan hewan atau organisme yang satu ini? dari beberapa kriteria ciri khas di atas diharapkan anda akan semakin paham mengenai invertebrata.

Leave a Reply