Membahas Bahaya Melahirkan Normal Setelah Caesar 5 Tahun

Operasi caesar adalah suatu tindakan pembedahan untuk melahirkan janin dengan membuka dinding perut dan dinding uterus. Pada masa sekarang sectio caesar jauh lebih aman dari pada dulu dengan adanya antibiotika, tranfusi darah, teknik operasi yang lebih sempurna dan anestesi yang lebih baik, karena itu terjadi kecenderungan untuk melakukan operasi caesar tanpa dasar yang cukup kuat, dalam hubungan ini perlu diingat bahwa seorang ibu yang telah mengalami pembedahan operasi caesar pasti akan mendapat parut uterus dan tiap kehamilan serta persalinan berikutnya memerlukan pengawasan yang cermat berhubungan dengan bahayanya ruptur uteri. Jika seorang ibu sudah beberapa kali melakukan operasi caesar, maka melahirkan normal setelah caesar 5 tahun sangat berbahaya untuk dilakukan.

Tidak aman melahirkan normal setelahcaesar 5 tahun

Disini akan di bahas membahas mengenai VBAC (vaginal birth after caesarean), yaitu persalinan normal melalui vagina (pervaginam) yang dilakukan pada wanita dengan riwayat operasi caesar. Terdapat beberapa persyaratan VBAC yang harus terpenuhi agar Ibu dapat menjalani melahirkan normal setelah caesar 5 tahun.Untuk memastikan metode persalinan apa yang paling tepat untuk seorang, sebaiknya berkonsutlasi secara langsung dengan dokter kandungan yang biasa memeriksanya. Ikutilah anjuran yang disampaikan dokter karena dokter tersebut yang paling memahami kondisi rahim, kehamilan, serta janin dalam kandungan. Setelah operasi pun ibu dianjurkan tetap menggunakan obat operasi caesar untuk membantu anda dalam pemulihan.

  • interval waktu operasi caesar dengan persalinan saat ini setidaknya 18 bulan
  • tidak ada penyulit selama kehamilan ini, seperti kelainan letak janin, kembar, oligohidramnion, bayi besar
  • indikasi operasi caesar sebelumnya bukanlah indikasi mutlak, seperti panggul sempit
  • sayatan pembedahan sebelumya pada segmen bawah rahim, bukan tegak lurus sepanjang rahim (irisan klasik)
  • ketebalan segmen bawah rahim saat ini lebih dari 5 mm
  • maksimal operasi caesar yang pernah dijalani 1 kali
  • percobaan persalinan normal harus dilakukan di fasilitas yang memiliki sarana operasi caesar 24 jam

Fakta penting seputar melahirkan normal setelah caesar 5 tahun

Setidaknya 75 persen ibu hamil yang merencanakan untuk melahirkan normal setelah caesar 5 tahun memperoleh hasil yang sukses.  Ini jadi berita yang bagus bila Anda satu dari banyak wanita yang pernah menjalani bedah caesar dan memutuskan untuk melahirkan normal untuk persalinan selanjutnya. Meski banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan VBAC (vaginal birth after a caesarean) sebagai pilihan yang aman, bukan hal mudah untuk melakukannya. Ada banyak faktor yang berperan pada kemungkinan Anda memenuhi harapan menjalani kelahiran normal.Persalinan normal memang memiliki resiko, tapi penelitian menunjukkan persalinan normal lebih aman dan kurang beresiko dibanding operasi caesar yang berulang, baik untuk ibu maupun bayi. Bedah caesar merupakan bedah perut major. Ada banyak resiko yang bisa dialami ibu dan bayi jika melakukan bedah caesar. Resiko kematian pasca kelahiran dengan operasi caesar 3,6 kali lebih tinggi dibanding setelah persalinan normal.Operasi caesar berulang juga meningkatkan resiko komplikasi kehamilan di kehamilan berikutnya, seperti placenta previa atau placenta accreta. Komplikasi ini kemungkinan membutuhkan bedah sesar juga.Persalinan normal yang dilakukan ibu setelah mengalami operasi caesar di kehamilan sebelumnya ternyata memberi manfaat positif bagi bayi. Persalinan berawal ketika bayi siap untuk dilahirkan, saat paru-paru matang dan otak telah berkembang.Selama persalinan, tubuh Anda memproduksi hormon stres yang membantu bayi mempersiapkan kehidupan di luar rahim. Kontraksi memiliki efek serupa dan selama kelahiran membantu mendorong cairan keluar dari paru-paru bayi, membuatnya siap melakukan nafas pertama. Persalinan normal juga membuat bayi terpapar bakteri dan memiliki antibodi yang bermanfaat.Alasan pertama kenapa VBAC dianggap beresiko adalah karena kemungkinan rahim sobek bersama dengan luka sesar. Kasus rahim yang sobek memang jarang terjadi, hanya terjadi pada sekitar 0,2 persen persalinan normal setelah caesar. Ibu hamil biasanya butuh menjalani operasi sesar karena komplikasi lain seperti pendarahan berat, dibanding karena rahim yang sobek.Ibu hamil yang pernah beberapa kali menjalani operasi sesar sering diberitahu kalau mereka bisa mengalami rahim sobek bila melakukan persalinan normal pada kehamilan berikutnya. Penelitian menunjukkan ibu yang melakukan operasi caesar sebanyak tiga kali atau lebih punya kemungkinan berhasil dan komplikasi yang sama seperti wanita yang baru satu kali menjalani operasi caesar. VBAC setelah berulang kali melakukan operasi caesar bisa jadi pilihan aman untuk Anda.

 

 

Leave a Reply