Khasiat Daun Ungu untuk Ambeien

Ambeien atau wasir sering menjadi penyakit yang diderita banyak masyarakat. Lihat saja dari banyaknya obat ambeien yang dipubikasikan di televisi ataupun media media cetak. Ambeien merupakan suatu penyakit atau gangguan pada anus, di mana bibir anus atau phinchterani mengalami pembengkakan dan kadang-kadang disertai dengan pendarahan ketika mengejan. Lebih dikenal dengan peradangan Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus. Wasir internal dan eksternal bisa saja muncul dengan cara berbeda. Beberapa orang diantaranya mengalami kedua gejala ini. Penyebab wasir tidak diketahui dengan jelas, bisa saja karena kebiasaan BAB tidak teratur, penyakit diare, kurang olah raga, dan nutrisi rendah serat. Penyebab lainnya karena duduk terlalu lama, obesitas, batuk kronik, dan gangguan fungsi dasar panggul.Ambeien ini tentu bisa disembuhkan, seperti menggunakan daun ungu. Mungkin sebagian dari Anda masih asing dengan  obat ambeien ampuh yang satu ini. Tidak banyak orang yang mengetahui manfaat daun ungu atau daun wungu untuk mengobati penyakit. Daun ungu dalam bahasa latin disebut Graptophyllum Pictum, merupakan tanaman herba yang berasal dari Papua Nugini dan kepulauan Polinesia. Para orang tua kita terdahulu telah mengetahui dan mengajarkan cara mengolah daun ungu untuk obat wasir. Tradisi pengobatan daun ungu untuk ambeien telah dipraktekkan secara turun temurun, meskipun kini jarang digunakan.

Manfaat Daun Ungu untuk Ambeien

Manfaat daun ungu untuk ambeien juga bersifat analgesic. Kandungan alkaloid dalam manfaat daun ungu untuk ambeien mempunyai kemampuan untuk analgesic dan antiinflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri karena adanya benjolan dibagian anus anda. Sehingga apabila nyeri sudah sembuh tentu anda dapat menjalankan aktifitas dengan lancar. Selain itu daun ungu juga bermanfaat sebagai anti-hemorrhoid atau anti ambeien. Khasiat daun ungu ini dapat anda lihat jika rutin mengkonsumsi air rebusan daun ungu secara teratur selama 5 hari maka rasa nyeri, peradangan, serta pendarahan yang terjadi akibat ambeien bisa sembuh.Konsumsi 1 gelas rebusan daun ungu selama dua bulan berturut-turut ternyata bisa membebaskan penderita dari gangguan wasir. Berkat daun ungu, pengidap ambeien tak perlu lagi mengkonsumsi obat-obatan jenis phlebodinamic seperti radium dan daflon. Obat itu lazim diresepkan dokter untuk melancarkan sirkulasi darah di daerah anus serta menghilangkan bengkak, tonjolan, dan pendarahan. Manfaat daun ungu memang sudah tidak perlu diragukan lagi sebab kandungan senyawa kimia yang ada didalamnya. Daun ungu memang sangat kaya akan senyawa aktif yang baik untuk kesehatan diantaranya: Saponin, Fenol, Flavonoid, Alkaloid, Tanin, Triterpinoid, steroid, dan juga Glikosia. Senyawa-senyawa inilah yang membantu menjaga tubuh kita dari serangan berbagai penyakit.

Cara Mengolah Daun Ungu untuk Ambien

Pengobatan tradisional juga menggunakan daun ungu untuk ambeien. Menurut tradisi dapat mengobati wasir, batu ginjal, hepatitis, dan menurunkan gula darah. Hasil penelitian menyebutkan bahwa daun ungu berfungsi sebagai anti-diabetes. Bahkan efeknya dianggap lebih baik dalam penyembuhan dibanding dengan metformin. Adapun cara mengolah daun ungu untuk obat wasir yang dapat dipraktekkan dirumah sebagai ramuan sederhana sebagai berikut:

  • Ambil sekitar 10gr daun ungu segar
  • Kemudian cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air
  • Biarkan sampai air rebusanya tinggal tersisa seperahnya (1 gelas).
  • Minum air rebusan daun ungu tersebut secara rutin 1 x sehari sampai mendapatkan hasil yang diharapkan. Biasanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk wasir sekitar 1 -2 bulan.


 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *