Ciri Ciri Penyakit Gula Yang Harus Kita Tahu

Penyakit gula atau diabetes memiliki beberapa ciri-ciri yang seharusnya kita ketahui. Deteksi dini berdasarkan ciri ciri penyakit gula yang dialami akan dapat membantu dalam penanganan secara lebih cepat dan tepat. Diabetes memiliki beberapa ciri-ciri khusus yang dapat diamati secara mudah. Dengan mengetahui sedari dini bahwa seseorang menderita diabetes, pemberian obat diabetes kering akan dapat dilakukan secara tepat dan cepat. Diabetes memang tidak bisa disembuhkan, namun gejalanya dapat dikurangi. Inilah pentingnya memahami apa saja ciri-ciri dari penyakit ini.

Ciri Ciri Penyakit Gula Pada Pria dan Wanita

Mungkin selama ini yang sering kita dengar terkait ciri ciri penyakit gula adalah air seni yang dirubung semut karena rasanya manis. Selain itu, masih ada lagi beberapa ciri-ciri lain yang juga kerap dirasakan oleh penderita diabetes.

  1. Pada diabetes yang masih berada di tahap awal, penderita akan merasa nyeri pada sendinya. Rasa sakit serta tidak nyaman ini seringkali terjadi pada bagian kaki ataupun sendi yang berhubungan dengan kaki. Kadar gula yang tinggi dalam darah dapat memberi efek pada syaraf secara langsung.
  2. Selain nyeri sendi, mati rasa juga menjadi ciri berikutnya dari penyakit gula. Mati rasa ini biasa terjadi pada tangan ataupun kaki, dan gejala awalnya adalah kesemutan. Seringkali gejala satu ini disamakan dengan gejala dari gangguan kolesterol. Namun, mati rasa yang terjadi adalah akibat dari syaraf kaki serta tangan sudah tidak bekerja secara baik.
  3. Berat badan penderita diabetes akan menurun secara drastis. Hal ini disebabkan tubuh yang tidak mendapat energi dari makanan yang telah masuk ke dalam tubuh. Tingginya kadar gula dalam tubuh akan membuat tubuh tidak bisa mendapat cadangan energi yang sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, tubuh akan berusaha dalam menggunakan energi cadangan yang berasal dari lemak serta massa otot.
  4. Gangguan yang kerap dialami penderita diabetes selanjutnya adalah rasa mual. Mual ini bisa terjadi sepanjang hari serta pemicunya tidak jelas. Kondisi ini terjadi saat tubuh telah melakukan pembakaran guna mendapat energi cadangan yang berasal dari lemak. Akan tetapi hasil pembakaran ini malah menghasilkan senyawa keton dan masuk dalam aliran darah. Efeknya adalah rasa mual yang terjadi secara berlebihan.
  5. Akibat rasa mual yang muncul, penderita diabetes juga bisa mengalami muntah-muntah. Ini masih ada kaitannya dengan senyawa keton yang masuk dalam darah serta tidak menghasilkan dorongan energi, namun malah menjadi racun dalam tubuh. Tubuh akan berusaha agar mengeluarkan semua senyawa ini melalui muntah. Kondisi ini bisa menyebabkan bahaya bagi tubuh karena banyaknya racun yang berasal dari keton.

 

Ciri Ciri Penyakit Gula Lainnya

Selain aneka ciri ciri penyakit gula di atas, masih ada lagi beberapa hal yang menjadi tanda bahwa seseorang tengah menderita diabetes. Bau mulut akan menjadi manis sebagai akibat dari senyawa keton yang turut mengubah sistem kelenjar, termasuk kelenjar air liur. Bau ini akan membuat penderita merasa tidak nyaman dan mempengaruhi nafsu makan. Penderita diabetes juga bisa mengalami sakit perut saat produksi senyawa keton sudah sangt tinggi. Hal ini akan berlangsung bersamaan dengan rasa mual serta muntah yang terjadi secara berlebihan. Penderita diabetes akan memiliki nafas yang lebih cepat dan bahkan sesak nafas yang cukup buruk. Ini karena sebagian dari darah dipenuhi gula sehingga oksigen yang ada juga hanya sedikit. Demikian adalah beberapa ciri dari penyakit gula atau kencing manis.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *