Mengenal dengan Baik Apa Itu Kolesterol

Kesehatan merupakan hal wajib yang harus diperhatikan dengan baik. Bagi mereka yang tidak menjaga kesehatan dengan baik, tubuh akan rentan terserang berbagai penyakit yang membahayakan. Penyakit yang menyerang kadang kala tidak menimbulkan dampak dalam waktu yang singkat. Penyakit tersebut akan berdampak dalam waktu yang lama jika penyakit tidak dikenali segera. Salah satu penyakit yang biasa dialami oleh orang dewasa akibat gaya hidup yang tidak sehat dan usia yang semakin bertambah adalah penyakit kolesterol. Mereka yang mengidap penyakit kolesterol membutuhkan informasi mengenai apa itu kolesterol, penyebab kolesterol dan bagaimana cara untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Hal tersebut dilakukan agar kondisi kolesterol yang mereka miliki tidak bertambah semakin parah.

Penjelasan Mengenai Apa Itu Kolesterol LDL, HDL dan Trigliserida

Kolesterol sendiri merupakan zat berwarna putih yang menyerupai lilin dan melekat pada dinding sel darah. Kolesterol bermula dari himpunan lemak yang berasal dari hati. Jika kolesterol berada dalam tingkatan yang normal, kolesterol dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Kolesterol mampu mengnguatkan membrane sel dan menghasilkan hormone steroid. Jika kolesterol berlebih, penyakit kolesterol akan menghantui penderita. Mereka membutuhkan obat kolesterol tinggi ketika tingkatan kolesterol berada di ambang batas. Berbicara mengenai kolesterol, ada tiga jenis kolesterol yang merugikan kesehatan tubuh. Di bawah ini, kita akan membahas pengenai apa itu kolesterol secara mendetail. Berikut ulasannya:

LDL atau Low Density Lipoprotein

LDL lebih dikenal sebagai kolesterol jahat dan merupakan lemak yang tertempel di pembuluh darah. LDL sendiri mengandung kandungan lemak yang amat banyak dan lemak tersebut dapat mengambang pada bagian pembuluh darah. Protein utama pembentuk LDL adalah Apo-B atau apolipoprotein-B.

HDL atau High Density Lipoprotein

Jika LDL dikenal sebagai lemak jahat, HDL dikenal sebagai lemak baik. HDL merupakan lemak yang mampu melarutkan lemak LDL di dalam pembuluh darah. Lemak HDL dapat membersihkan pembuluh darah dari LDL dan menyalurkannya kembali ke dalam hati. Protein utama yang melengkapi HDL adalah Apo-A atau apolipoprotein. Kepadatan lemak yang dimiliki oleh HDL tidak terlalu padat jika dibandingkan dengan LDL.

Trigliserida

Trigliserida sendiri merupakan jenis lemak yang terjadi akibat dampak dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh penderita. Minuman yang mengandung alcohol beserta dengan makanan olahan merupakan jenis asupan yang mampu menimbulkan trigliserida. Lemak yang tadinya diserap oleh usus akan mengalami hidrolisis yang menimbulkan trigliserida. Trigliserida nantinya akan memasuki plasma dalam 2 bentuk yang berbeda, yaitu sebagai klomikron dan sebagai VLDL atau Very Low Density Lipoprotein. Trigliserida yang berada di luar hepar nantinya akan dihidrolisis dengan bantuan enzim lipoprotein lipase.

Manfaat Mengetahui Apa Itu Kolesterol dan Penyebabnya

Setelah mengetahui apa itu kolesterol, penderita akan lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatannya. Mereka akan menghindari penyebab dari penyakit kolesterol sehingga penyakit yang mereka derita tidak bertambah parah kondisinya. Makanan yang dapat memicu timbulnya kolesterol akan mereka hindari dengan sebaik mungkin guna melindungi diri dari kolesterol jahat. Penderita kolesterol juga harus menjaga berat badan mereka agar kandungan lemak jahat di dalam tubuh tidak bertambah. Jika penderita memiliki berat badan yang berlebih, diet sehat harus mereka lakukan agar lemak dapat dihilangkan. Penderita juga harus rutin mengkonsumsi obat kolesterol agar kandungan kolesterol dapat dijaga dengan baik. Itulah informasi penting mengenai kolesterol yang harus diketahui oleh penderita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *