Aneka Macam Pakaian Muslim dan Muslimah yang Terkenal di Indonesia

Mempelajari istilah aneka ragam busana muslim dan muslimah yang populer di negeri berpenduduk muslim paling besar di dunia, yaitu Indonesia ialah suatu kemestian. Dengan mempelajari istilah-istilah tersebut kita tidak bakal salah saat membeli pakaian muslim, lebih lebih lagi dikala membeli online.

Indonesia adalah negeri dengan masyarakat muslimah tertinggi di dunia. Fenomena tersebut menghasilkan banyak khazanah unik dan beragam yang terjadi karena asimilasi budaya dan tradisi antara Arab dan Melayu yg bersatu di sini, termasuk istilah berbusana muslim dan musimah. Pada dasarnya berbusana muslimah di Indonesia mengacu buat ketentuan aturan Islam yang berdasarkan syariat.

Dengan cara apa muslim dan musimah Indonesia berpakaian muslim? Apakah sama dgn cara berpakaian muslim dan musimah di bagian negeri yang lain? Istilah apa saja muslim Indonesia menyebut pakaian muslim pada umumnya? Yuk simak beberapa istilah aneka macam baju muslim yang populer di Indonesia.

Sayang untuk dilewatkan: Aneka Hal yang Penting untuk Engkau Pelajari Tentang Busana Muslim dan Muslimah

Hijab Lebar

Orang Indonesia menyatakan fasilitas tudung kepala wanita sebagai titah aqidah dengan sebutan hijab. Dalam kamus bahasa Indonesia berdasarkan KBBI online, hijab ialah kain lebar yg dipakai wanita muslimah untuk menutupi kepala dan leher sampai ke dada. Secara umum mereka yg menutupi bagian itu disebut orang yg berjilbab.

Jubah

Gamis berasal dari bahasa arab, merupakan Qhamis yg artinya baju. Namun diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi �gamis� adalah baju panjang dan longgar. Muslim dan musimah Indonesia juga menyebutnya dgn sebutan jubah untuk pakaian panjang sampai di bawah lutut berlengan panjang, seperti yg dipakai oleh orang Arab, padri, atau hakim.

Gamis atau jubah ini dikenakan oleh pria dan perempuan Indonesia dengan tipe dan varian yg unik dan berbeda. Di negeri Timur tengah acap kali mereka menyebutnya Thobe, lain hal di Indonesia yg menyebutnya jubah dengan tipe yang condong lebih sederhana dari pada model gamis milik wanita.

Read More: Berbagai Hal yang Sepertinya Baik untuk Anda Pelajari Tentang Busana Muslim dan Muslimah

Baju Koko

Pakaian koko ialah baju muslim cowok Indonesia. Tandanya berkerah berdiri dan kancing depan diadaptasi bermula pakaian tradisional cina. Sebutan pakaian koko merupakan gejala bahasa yg diplesetkan orang Betawi jaman dulu waktu meredaksikan baju yg dikenakan beberapa kokoh mas dalam Bahasa Mandarin red.) jadi engkoh-engkoh dan setelah itu berlangsung menjadi ko-ko.

Berlainan pada literasi Jawa, pakaian koko juga disebut sebagai baju Taqwa, baju ini diadaptasi alamat baju dari tradisional Jawa keraton yaitu baju sujan di mana Wali Sunan Kalijaga mengenakannya untuk pakaian resminya berdakwah dan mempopulerkannya dgn sebutan pakaian Taqwa.

Selanjutnya: Aneka Perihal yang Wajib Engkau Ketahui Terkait Busana Muslim dan Muslimah

Peci

Orang Indonesia kerap menyebutnya kopiah, peci, atau songkok. Topi bermotif hitam ini diadaptasi dari Fes yang berasal dari Turki dan Tharbusy berasal dari Maroko yang seterusnya berkembang menjadi topi tradisional orang Melayu. Peci sangat populer di Asia Tenggara, terutama pemeluk Islam, bahkan sekarang telah menjadi ciri berpakaian orang Islam.

BTW, apakah kamu udah mendengar tentang doa sholat dhuha? Bila belum sekalipun, harap untuk klick link jangan lupa, ok? hihi. Anda tentu akan diarahkan ke landing page terkait. Di situ dirimu tentu saja bakal menemukan berbagai hal yang mudah-mudahan bermanfaat. By the way jangan tidak ingat untuk membagi ke teman-teman kamu ya agar makin banyak yang mendapat penjelasan tersebut. Makasih ya hihi.

Keberadaan peci jadi penggunaan kepala yang formal waktu menghadiri upacara-upacara resmi seperti upacara adat perkawinan, shalat Jumat, upacara keagamaan dan sewaktu menyongsong Idul Fitri dan Idul Adha. Peci juga difungsikan sebagai tambahan baju tradisi Melayu di Indonesia yang digunakan guna menghadiri pertemuan-pertemuan tertentu, sampai-sampai jadi simbol perjuangan kemerdekaan NKRI lantaran tokoh-tokoh utama negara mengenakannya sebagai identitas negeri.

Selanjutnya: Berbagai Perihal yang Sepertinya Baik untuk Anda Tahu berhubungan dengan Busana Muslim dan Muslimah

Tunik

Tunik yaitu serapan kata yang berasal dari Bahasa Inggris yaitu tunic, yang mempunyai arti pakaian longgar yang menutupi dada, bahu, dan juga punggung. Pakaian ini bisa berlengan atau pun tanpa lengan dan panjangnya sampai di pinggul atau sampai di atas lutut. Tidak jarang orang Indonesia menyebutnya dengan pakaian kurung, baju Padang (lantaran banyak perempuan Padang yang mengenakannya red.). Tunik juga mengalami perkembangan dalam bidang fashion sehingga tidak sedikit varian dan warna yg bermacam-macam.

Sarung

Sarung adalah sepotong kain lebar yg dijahit pada ke-2 ujungnya maka berbentuk seperti pipa. Ini adalah arti dasar dari kain sarung yg dipakai di Indonesia atau negara-negara sekawasan. Dalam pengertian busana universal sarung atau sarong memiliki arti secarik kain lebar yg pemakaiannya dengan cara dibebatkan pada pinggang guna menyelindungkan bagian bawah badan (pinggang ke bawah).

Kain sarung dibuat bersumber dari berupa-rupa bahan: katun, poliester, atau sutera. Pemakaian sarung teramat luas, untuk berleha-leha di rumah hingga untuk penggunaan resmi seperti ibadah atau upacara perkawinan. Pada biasanya penggunaan kain sarung buat acara formal terkait sebagai tambahan baju adat tertentu.

Baca juga: Aneka Perihal yang Wajib Engkau Ketahui Mengenai Busana Muslim dan Muslimah

Abaya

Abaya yaitu pakaian khas perempuan dari Timur Tengah dengan rancangan mirip seperti jubah dengan ukuran badan dan tangannya sangat longgar, cutting abaya berbentuk A-Line atau Umbrella-Line bersama warna hitam polos. Abaya serupa dengan warna hitam dan bukan warna yang lain Sesuai namanya Abaya yang berarti sederhana dalam redaksi Indonesia namun tidak jarang Abaya dibuat lebih variatif dgn beberapa tambahan pernak-pernik atau sejenis aksesories berwujud payet atau bordir-bordiran dan renda-renda.

Leave a Reply